Minggu, 16 April 2017

RSUD Mampang Prapatan Jadwal Dokter Terbaru 2017

Sakit kepala ga ilang-ilang, terasa nyeri-nyeri halus dan leher pun menjadi terasa kaku selama 3 (tiga) bulanan ini. Awal kejadian bermula setelah balik dari liburan di Puncak Januari awal tahun  2017.  Kepala  bagian kanan kening atas terasa sakit dan nyeri sekali. Seolah-olah ada yang nemplok di dalamnya, rasanya pengen diambil saja bagian yang sakit ini. Pikir-pikir lagi mungkin sakit kepala efek dari liburan di Puncak kemarin, dimana di perjalanan biasalah macet panjang dan arusnya dibuka tutup, kita juga menahan kelaparan secara maklumlah baru pertama kali itu ke Puncak dan kita benar-benar go show ngikutin petunjuk arah saja.., alhasil yang niat awalnya mau ke taman safari malah jadi terdampar keterusan sampai jauh ke atas melewati masjid Ta'awun Puncak, menahan lapar dan kedinginan juga...

Untuk meredakan sakit kepala ini akhirnya dibawa istirahat tidur dengan dibalurin minyak kayu putih dan minum air jahe dan air kunyit bergantian setiap harinya. Alhamdulillah beberapa hari kemudian sudah mulai ilang sakit kepalanya dan sudah lebih baik kondisinya. Hanya saja kalo sedang berdiam diri usai mandi sore hari, sakit kepalanya masih terasa sakit tapi nyeri-nyeri halus begitu dan terasa agak gatal di dalamnya dan ingin digaruk dah. Nyeri-nyeri halus ini hilang timbul dan kaku di leher kok malah jadi menetap. Terakhir seminggu ini mata kok malah terasa bengkak dan menjadi buram di bagian kanan ya.., alhasil kuatir malah jadi parah di bawalah ke rumah sakit  umum daerah Mampang Prapatan yang dekat dengan rumah sini. Oleh recepsionist diarahkan untuk konsultasi ke dokter spesialias saraf. Kebetulan prakteknya tiap hari selasa sore dokternya..

Setelah menceritakan ke pak dokter spesialis syaraf awal bermula timbulnya sakit kepala ini dan terakhir mata yang mulai ikut-ikutan ga nyaman..., akhirnya dokter mendiagnosis bahwa sakit kepala yang diderita ini karena syaraf tegang.., dan ini tidak ada hubungannya dengan sakit mata. Untuk keluhan sakit mata diarahkan menemui dokter spesilis mata. Akhirnya oleh pak dokter spesilias syaraf, dikasih resep penghilang sakit kepala akibat syaraf tegang ini. Pak dokter bilang dosisnya rendah kok, sayang lupa untuk mengcopy resepnya..., yang jelas obatnya ternyata obat racikan macam puyer begitu dan rasanya pahit, mungkin karena generik barangkali ya.

Oh iya.., untuk tahun 2017 ini ada perubahan yang mencolok di RSUD Mampang, yaitu dokter spesialiasnya makin banyak. Dapat dilihat di foto si bawah ini.



Yang belum ada salah satunya spesialis mata ya, moga-moga ke depan disediakan juga spesialis matanya. Senang jadinya..., tinggal dekat dengan rumah sakit pemerintah dan apalagi jika dokter spesialisnya sudah makin komplit begini.

Saya sebenarnya sudah ada kartu anggota BPJS keanggotan dari November 2015 yang lalu, tapi sama sekali belum pernah dipakai karena kalo pake bpjs kan harus ke puskesmas dahulu, kebetulan puskesmasnya malah jauh dari rumah dan kadang antriannya di puskesmas panjang dan penuh. Sedangkan sebagai IRT dengan 3 anak kecil yang jadwalnya full, waktu terasa sangat berharga sekali saat ini. Setelah ditimbang-timbang mana yang lebih efektif dari segi biaya dan waktu, akhirnya langsung ke RSUD yang dekat rumah saja, saking dekatnya cukup berjalan kaki, menyeberang melewati jalan raya besar. Mau periksa-periksa  dan bayar juga, menurut saya termasuk masih sangat  terjangkau ya. Bandingkan jika berobat ke puskesmas faskes 1, yg jaraknya jauh dari rumah, kalo jalan kaki bisa setengah jam lebih, jadi terpaksa harus naik ojeg. Bolak-balik dah habis 30ribu. Belum lagi waktu yang kebuang 3 jam-an pas nunggu antrian  di dokter umum puskesmas yang mana biasanya memiliki pasien paling banyak. 

Kemarin itu untuk pendaftaran spesialis syaraf dikenakan di RSUD biaya 40ribu dan untuk resep obatnya di apotik, obatnya yang puyer ya, kena bayar 30ribu. Jadi total seluruhnya 70ribu. Pelayanannya cepat dan waktu antrinya ketika berobat juga ga lama ya, langsung ditangani oleh dokter spesialis syarafnya. Menurut saya pribadi selama biaya berobatnya masih terjangkau begini, sepertinya kartu bpjs-nya tetap disimpan saja dahulu ya, anggap tabungan kesehatan untuk masa-masa sulit atau masa tua nanti dimana sudah tidak produktif lagi mencari nafkah. Tapi tetap sih doa saya setiap hari, mohon ya Allah, sehat2 terus sekeluarga dan iuran bpjs ini dianggap sedekah kebaikan saja. Bukannya kenapa, melihat teman-teman yang sakit dirawat di rumah sakit dan walaupun  berobatnya gratis ditanggung bpjs..., tetap saja saya pilih kesehatan jiwa dan raga.

21 komentar:

  1. Bu makasih sharingnya insyaaAllah bermanfaat.. Mau nanya klo spesialisasis gigi belum ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksdny praktek spesialis gigi nya blm ada ya? Di image tdk terlihat jadwal praktek drg.

      Hapus
    2. Mau info aja, dokter spesialis gigi konservasi dan dokter bedah mulut ada di rsuk jagakarsa. Harga nya sama kayak rsud mampang ini

      Hapus
    3. Saya sudah dpt rujukan ke rsuk jagakarsa..utk operasi impacted teeth.. Tp sampai skrg tak dipanggil2..klo kt dokter gigi nti 3 bln setelah terakhir saya dtg itu akan ditlpn utk operasi.. Itu sejak november 2017.. Seharusnya sudah dipanggil..,sampai surat rujuknya hilang entah kmana.

      Kalau tanpa BPJS kira2 biayanya brp yaa utk kontrol bedah mulut.. Sekalian klo biaya operasi impacted teeth.. Barangkali bapak tau kisarannya

      Hapus
    4. loh kok lama sekali ya baru dapat jadwal ?
      adik saya juga operasi impacted teeth di rsud jagakarasa sm drg. bedah mulut, pake bpjs juga langsung dapat jadwal seminggu berikutnya langsung di operasi kok Ibu.

      kok bs ya Bu? coba ibu dtg lagi kesana, bilang kok belum dipanggil2 gitu . Krn kadang pegawai lupa atau gimana, pokok nya pro aktif ya bu.

      adik saya awalanya dpt rujukan ke rsud pasar minggu tp baru dapat jadwal bulan 11 2017, untung saja sy proaktif cari info2 rs yg punya bedah mulut selain rsud, lalu dapatlah si rsuk jagakarsa.


      kmrn sy tanya 500rb utk operasi nya bu kalau tdk pakai bpjs, jaman skrg berobat pake bpjs saja sih Ibu

      di rs marinir cilandak jg ada bedah mulut bu, tp sy tidk tahu sistem dsna spt apa hehe

      semnagat bu
      rsuk mmg murah tapi kualitas deh hehe

      Hapus
    5. Baru bisa update.. Alhamdulillah sudah di eksekusi impacted teethnya bln april lalu,ternyata ada miskomunikasi.. Salah nomer.. Jd dri pihak rs blg sudah tlpn tp tdk diangkat.. Sedangkan saya selalu stand by nunggu di tlpn .. Akhir pas saya dtg lagi utk menanyakan.. Lngsung dijadwal..urgent besoknya cek darah kemudian rawat inap sehari sblm operasi..

      Hapus
    6. syukurlah Ibu, turut senang mendengar nya.

      jadi tindakan nya di rsud jagakarsa kan ya Bu?
      iya kadang2 miskomunikasi bs saja terjadi, manajemen rs jagakarsa ini the best sih menurut saya . Praktek dokter spesialis nya banyak sehingga tdk ujuk2 hrs ke rsud besar spt pasar minggu.
      Sampe dokter spesialis gigi pun ada disana..
      Cuma gedung nya gedung lama sih...hehe

      Hapus
  2. Oh iyaaa..., baru ngeh. Spesialis GIGI di jadwal praktek dokter di atas tidak tertulis ya. Seharusnya ADA dijadwal tertulis, ruangannya di Lt.4, prakteknya ada setiap hari.

    Mmmhh, mungkin bagian admin yang mengetik jadwal di atas kelupaan menulisnya.

    BalasHapus
  3. Makasih bu infonya.. Sangat membantu.. Maaf bertanya lgi Kalau berobat lngsung tnpa bpjs hrganya apakah jauh beda dgn praktek di klinik umum biasa atau rs umum biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya agak repot kalau msti mnta surat rujuk. Saya prefer bayar tp gak ribet dn lngsung ditindak (klo bisa lebih murah di rsud mnding ke rsud kn Hehe)

      Punya pengalaman gak enk juga sama org puskesmas.. Jd seperti trauma mau ke puskesmas itu..

      Hapus
  4. Ibu mau tanya dong,di mampang bisa medical check up gak ya? Kalau tau harganya berapa ya. Makasih buibu

    BalasHapus
  5. Mau tanya jadwal USG hari apa aja ya ?

    BalasHapus
  6. Di RSUD mampang ada Operasi caesar tidak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tanya biaya usg dirsud mampang berapa ya?

      Hapus
    2. Di RSUD Mampang sudah ada untuk operasi caesar nya bu. Dari tahun 2017 bln 5 sdh berjalan caesar nya. Nanti bisa ketemu dgn dr.Ronny,Sp.og

      Hapus
  7. Halo dokter mata saya kan sakit ni pa kan da jadwal praktwknya terima kasih

    BalasHapus
  8. Untuk poli saraf nya jadwal pagi nya ada gak...trs kalau siang apa bisa menggunakan BPJS terimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuhh..., Maaf baru baca juga.
      poli saraf jadwalnya hanya ada sore hari. Baiknya juga untuk poli syaraf coba telpon dulu sebelum datang ke RSUD Mampang. Soalnya pernah pengalaman, saya kucluk kucluk datang, eh dokternya ternyata lagi cuti / ga praktek hari itu.

      Kalau pakai BPJS harus ada bawa surat rujukannya dari Puskesmas. Kalo ga da rujukan, jatuhnya umum dan harus bayar normal.

      Hapus
  9. maaf mau tanya. di rsud mampang bisa usg perut tidak ya dan biaya nya berapa

    BalasHapus
  10. Seingatan tadi dah dijawab untuk USG, tapi kok ga muncul ya... Diulang lagi ya nulisnya, di RSUD Mampang sudah bisa USG kok, baik USG perut ataupun lewat bawah, konsul langsung saja ke dokter kandungan. Untuk biaya, saya dah lupa, seingatan sih 70rb-100rb, ini diluar biaya admin dan dokter yg besarnya, kalo ga salah 55rb.

    BalasHapus