Kamis, 21 Juli 2016

Akhir Kisah Memasak Sup Tulang Sapi...

Gegara ditraktir si ayah di Rumah Makan Sup Buntut Cut Nyak Meutia Menteng, yang baru tau kalo buka cabang di Jalan Bangka Raya, arah2 Kemang sana... jadi pengen makan sup buntut lagi deh. 

Kemarin pas makan disana kena charge 120ribu rupiah berdua dengan menu: sup buntut super, sup buntut bakar, nasi putih 2 nambah 2 lagi plus 2 perkedel plus teh tawar hangat. Satu porsi itu nasi + sup buntut kena 50ribu. Jika beli lagi ke sana pikir-pikir sayang uangnya, secara sayah IRT gitu loh..., kudu irit2 supaya tetap bisa tampil berkecukupan dan banyak gaya sampai akhir bulan hehehehe... 

Jika minta traktir ke si ayah anak-anak, paling-paling nunggu beliau libur. Sedangkan Sabtu Minggu ini beliau dah ada acara sama teman kantornya mau ngecek tanah di Sawangan sana, kebetulan teman kantornya tinggal di Sawangan, dan temannya cerita kalau warga kampung dekat rumahnya mau jual tanah seluas 900 meter dengan harga 160 ribu per meternya, tapi jalanan masih tanah kampung ya... Eit dah, kok malah jadi ngomongin tanah ya 😁😬 

Ya sudahlah..., akhirnya kita jalan ke pasar Mampang. Niat dari rumah tentu mau membeli buntut sapi. Tapi sampai di pasar, ternyata buntut sapinya habis..., tanya iga... iganya juga habis. Hadeuhhhh, manyun dah. Nah si Pak Haji yang jualan daging pun nawarin, katanya pakai dengkul tulang kaki sapi ini saja.

Tanyalah,, Emangnya enak Pak Haji dijadiin sup, takut aj itu jeroan.. Jawab si Pak Haji... Enggaklah Neng, ini bukan jeroan. Enak juga ini dibuat sup. Ini biasa tulangnya dijadiin buat kikil begitu. Biasanya satu kaki ini 50ribu, ya udah dikasih 40ribu saja semuanya. Mikir...mikir....mikir.... mikir, ya sudahlah coba pake dengkul tulang sapi ini saja. 

Nanya-nanya harga daging, ternyata masih mahal 130ribu satu kilonya... Kan pengin ngirit-ngirit juga ya belanjanya... Ya sudahlah setelah dipotong-potong oleh Pak Hajinya, dibungkus dan dibawa pulang ke rumah. Sampai di rumah, setelah dibersihkan dan diberi bumbu-bumbu dimasaklah itu dengkul tulang sapi untuk dijadikan sup. Masaknya dipresto. 

Sekitar satu jam menunggu, api pun dimatikan dan menunggu presto dingin. Berhubung ada acara lain siang ini diluar rumah dan segera mau jalan.., ditunggu-tungu sekitar 20 menit itu prestonya masih saja panas dan bunyi jika diangkat bagian tutup atasnya. Karena ga sabaran dibukalah paksa tutup panci prestonya, dan alhasil...air sup plus potongan-potongan kikil dari tulang dengkul sapi menyembur keluar membasahi kompor dan menyiprat kemana-mana. Udah seperti gunung merapi yang menyemburkan isi perutnya. 

Ya ampun, jadi kaget. Alhamdulillah kagak kena, coba kalau saya kenah ga kebayang dan untungnya juga air supnya sudah mulai hangat, coba kalau masih panas. Sereem dah. Cerita ke saudara, iya dikasih tau bahwa presto jika tutup bagian atasnya diangkat masih bunyi, berati tekanan uapnya didalam masih tinggi dan memang tidak boleh dibuka paksa. Maklumlah itu presto ga pernah dipakai, hanya nangkring saja dipojokan lemari, jadi mulai rada-rada lupa cara pemakaiannya. 

Sekarang sudah pahamlah dan ga akan ambil resiko lagi seperti kejadian di atas...Oh iya..., ga da foto penampakannya ya..., karena dapur benar-benar kotor berantakan oleh air sup dan isi potongan kikilnya, yang pasti ada sepertiga bagian panci barangkali ya yang muncrat keluar. Yah, beginilah akhir kisah memasak sup tulang kikil....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar